Perusahaan Penuh Nilai Kemanusaiaan
PT. KIEVIT INDONESIA
Pertemuan 3&4
Pada kasus relasi dari publict relation dengan organisasi memang
tak dapat di elakan lagi keadaanya, bagaimana tidak keberhasilan dari sebuah
organisasi maupun perusahaan sangatlah berpegang teguh pada dasar
konseptualitas dari penerapan publict
relation, publict relation akan diberi kekuasaan yang sebenarnya lebih
tepatnya dikatakan sebagai tugasnya untuk memberikan suatu citra positif untuk
kemajuan rasa ketertarikan terhadap publik tentang organisasi maupun perusahaan
tersebut. Tanpa adanya sistem publict relation yang baik bukan hal yang tabu
dan tak mungkin jika organisasi maupun perusahaan ini nantinya akan mengalami
krisis identitas sehingga dapat menyebabkan kemunduran, disini publict relation
berperan amat besar dalam kelangsungan branding atau pengenalan terhadap
masyarakat luas. Pendapat ini diperkuat dengan adanya seorang pakar yang
mengemukakanya tentang relasi antar keduanya tersebut, inilah pendapat yang
dikemukakan oleh Scott : Public relations sebagai fungsi manajemen yang
membangun dan mempertahnkan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi
dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
(Scott M. Cutlip, 2007:6)
PT . Kievit Indonesia bergerak di bidang manufaktur produk krimer.
Perusahaan didirikan pada tahun 2003 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia.
Kievit Indonesia beroperasi sebagai anak usaha dari FrieslandCampina, sebuah
perusahaan susu yang berbasis di Amersfoort, Belanda . PT. Kievit sendiri
memiliki suatu perhatian lebih kepada masyarakat, perusahaan ramah yang dikenal
di Salatiga juga, selain di Jakarta PT. Kievit memilikikantor yang bersemayam
di Jl. Merpati No.1, Mangunsari,
Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Tak hanya
pemuasan CSR bagi warga disekitar lokasi berdirinya pabrik sekaligus kantor
yang mendapat imbasnya, masyarakat se kota Salatiga tak jarang juga mendapatkan
imbas positif dari PT. Kievit sendiri. Para karyawan pun kesejahteraanya
bagaikan di penuhi, gaji yang adil pada setiap bagianya, tunjangan kesehatan,
keselamatan dan beberapa voucher pemenuh kebutuhan sehari-hari banyak di
peruntunkan bagi karyawanya, tak ayal banyak masyarakat yang merasa
berkeinginan untuk menjadikanya sasaran pekerjaan.
Public relations PT. Kievit sendiri memiliki posisi internal dan
juga eksternal di dalam kedudukan organisasi. Public relation akan memiliki
posisi internal ketika hubungan yang dijalin
oleh humas yang menyangkut hubungan antara stakeholder dengan pemilik
perusahaan atau pemegang saham. hubungan yang dijalin ini ditujukan untuk
menciptakan sebuah kenyamanan kerja yang kondusif. menjalin kedekatan dapat
membangun sebuah keakraban antara stakeholder dengan stakeholder maupun
stakeholder dengan pemilik perusahaan. hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan
kekompakan dan menjalin kerjasama di lingkungan perusahaan. Sedangkan public
relation akan berkedudukan eksternal ketika hubungan yang dijalin menyangkut
hubungan antar pelanggan, masyarakat, komunitas, pemerintah hingga media massa
dan pihak yang terlibat dengan perusahaan. dalam menjalin sebuah hubungan
dengan pihak eksternal, dapat lebih memperkenalkan perusahaan dengan pihak
terkait, menjaga keharmonisan serta kerja sama dan menciptakan opini public
yang positif. Dalam kasusu ini public relation dari PT. Kievit
menjalin hubungan yang baik dengan petinggi-petinggi perusahaan atau induk
perusahaan , terlihat dari sering adanya meeting bersama yang terkadang
dilakukan di Belanda atau Singapore, tugas public relation saat meeting bersama
ini menjelaskan tentang perkembangan perusahaan yang ada di Indonesia sehingga
nantinya dapat menjalin hubungan yang lebih erat dan juga timbulnya sikap
saling percaya sehingga para pimpinan PT. Kievit di Belanda akan memanjangkan
kontraknya terhadap bangunan kantor yang berada di Indonesia. Sedangkan public
relation ini bersifat eksternal juga, seperti yang sudah di utarakan tadi
pemenuhan CSR dari PT. Kievit sangatlah baik, sering adanya acara yang di
selanggarakan PT. Kievit di daerah-daerahnya, contohnya minum susu gratis di
Salatiga atau penerimaan masyarakat sekitar sebagai beberapa karyawan PT.
Kievit sendiri sebagai bentuk terimakasih dan menghargai warga sekitar dari
bangunan karena telah mempercayakan PT. Kievit untuk membangun bangunan
diwilayah tersebut.
Public relation pastilah akan mempunyai tujuan universal tersindiri
tentang citra dari perusahaan tersebut, seorang public relation haruslah dapat
memelihara, meningkatkan, memperbaiki dan membangun crita itu sendiri. Lalu dalam
kasus PT. Kievit ini public relation memiliki tujuan universal meningkatkan
sembari dibarengi dengan memelihara citra perusahaan ini sendiri. Mengapa meningkatkan?
Public relation PT. Kievit ini mencoba untuk terus meningkatkan presepsi
masyarakat sendiri bahwa PT. Kievit ini memiliki sifat humanistic yang besar
sehingga masyarakat nantinya akan membeli produk yang dijualnya karena telah
merasa di tolong maupun di cukupi hak-hak CSRnya itu sendiri, terkadang
pembagian susu gratis di hari-hari tertentu akan memberikan suatu periklanan
yang soft karena masyarakat diajak untuk merasakan tentang hasil dari produk
PT. Kievit ini sendiri, setelah masyarakat memiliki kepercayaan kepada PT.
Kievit maka citra yang sudah terbangun akan terus meningkan karna banyak
masyarakat yang senang dan respect terhadap sikap kepedulian PT. Kievit itu
sendiri. Lalu setelah citra yang di bangun sudah semakin naik maka divisi
public relation akan memikirkan ide-ide lainya untuk memperhatakan citra
tersebut di mata masyarakat yang mana telah percaya dengan PT. Kievit ini,
sedangkan itu sebenarnya citra yang di miliki oleh PT. Kievit ini sendiri
sangatlah bagus dalam pandangan mata masyarakat dan petinggi lainya. Maka PT.
Kievit sering melakukan acara-acara seperti jalan santai, senam bersama,
bagi-bagi susu gratis, menyeponsori event-event di kota berdirinya
kantor-kantor PT. Kievit sendiri sehingga pandangan bagus yang sudah tercipta
dan di pupuk oleh masyarakat haruslah di stabilkan selalu agar tidak terjadinya
kemerosotan sendiri.
Pembentukan citra ini mengacu pada pola pertumbuhan perusahaan yang
dialami oleh PT. Kievit sendiri adalah stars yaitu pola pertumbuhan perusahaan mulai mengalami pertumbuhan pasar
yang baik. Citra dikembangkan untuk memberikan pemahaman kepada publik bahwa
perusahaan memiliki tanggung jawab publik yang kuat. Bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang merasa terbantu oleh
PT. Kievit dan banyaknya produk-produk yang di gemari masyarakat dari hasil
olahan PT. Kievit sendiri, produk yang dimaksud disini adalah produk-produk
dari Frieslandcampina yang mana menggunakan creamer dalam bahan dasar
pembuatanya karena PT. Kievit adalah perusahaan pembuat creamer dari Frieslandcampina
sendiri, produk hasil pengolahan PT. Kievit itu seperti susu frisian flag, susu
kental manis omela, campina ice cream dan yang lainya. Dimana produk yang di
olah oleh PT. Kievit itu pemasaranya sungguh sangat luas yang membuktikan bahwa
pola pertumbuhan perusahaan ini berpola stars.
Citra bayangan atau mirror image yaitu citra yang dianut oleh orang
dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya. Citra bayangan ini
merujuk kepada PT. Kievit perusahaan ramah masyarakat dengan segala kelebihan
produknya yang aman. Sedangkan citra yang berlaku atau current image
yaitu suatu citra atau pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai
suatu organisasi atau perusahaan. Pihak-pihak luar sendiri atau
khususnya masyarakat menilai hal yang tak jauh beda dari citra bayangan
sendiri, masyarakat menilai PT. Kievit adalah perusahan dengan CSR bagus dan
sangat ramah lingkungan, disertai dengan produk-produk keluaran yang bermutu. Sedang
wish image yang dimiliki oleh PT. Kievit sendiri adalah pemajuan produk yang
ada tanpa disertai dampak negatif yang diberikan kepada masyarakat sekitar,
menjamin kebersihan dengan di sertai teknologi yang kuat dan mengedepankan
sikap dan nilai kemanusiaan. Sedangkan citra perusahaan yang di inginkan
sendiri adalah ”The spirit of innovation runs through the veins of Kievit” yang
berarti Semangat inovasi berjalan melalui pembuluh darah Kievit,
sehingga disini PT. Kievit menginginkan terus berkembangnya dari PT. Kievit
ini.
Komentar
Posting Komentar