Langsung ke konten utama

Contoh penerapan Public Relation dan Citra organisasi

Perusahaan Penuh Nilai Kemanusaiaan
PT. KIEVIT INDONESIA
Pertemuan 3&4

Pada kasus relasi dari publict relation dengan organisasi memang tak dapat di elakan lagi keadaanya, bagaimana tidak keberhasilan dari sebuah organisasi maupun perusahaan sangatlah berpegang teguh pada dasar konseptualitas dari penerapan publict  relation, publict relation akan diberi kekuasaan yang sebenarnya lebih tepatnya dikatakan sebagai tugasnya untuk memberikan suatu citra positif untuk kemajuan rasa ketertarikan terhadap publik tentang organisasi maupun perusahaan tersebut. Tanpa adanya sistem publict relation yang baik bukan hal yang tabu dan tak mungkin jika organisasi maupun perusahaan ini nantinya akan mengalami krisis identitas sehingga dapat menyebabkan kemunduran, disini publict relation berperan amat besar dalam kelangsungan branding atau pengenalan terhadap masyarakat luas. Pendapat ini diperkuat dengan adanya seorang pakar yang mengemukakanya tentang relasi antar keduanya tersebut, inilah pendapat yang dikemukakan oleh Scott : Public relations sebagai fungsi manajemen yang membangun dan mempertahnkan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. (Scott M. Cutlip, 2007:6)
PT . Kievit Indonesia bergerak di bidang manufaktur produk krimer. Perusahaan didirikan pada tahun 2003 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Kievit Indonesia beroperasi sebagai anak usaha dari FrieslandCampina, sebuah perusahaan susu yang berbasis di Amersfoort, Belanda . PT. Kievit sendiri memiliki suatu perhatian lebih kepada masyarakat, perusahaan ramah yang dikenal di Salatiga juga, selain di Jakarta PT. Kievit memilikikantor yang bersemayam di Jl. Merpati No.1, Mangunsari, Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Tak hanya pemuasan CSR bagi warga disekitar lokasi berdirinya pabrik sekaligus kantor yang mendapat imbasnya, masyarakat se kota Salatiga tak jarang juga mendapatkan imbas positif dari PT. Kievit sendiri. Para karyawan pun kesejahteraanya bagaikan di penuhi, gaji yang adil pada setiap bagianya, tunjangan kesehatan, keselamatan dan beberapa voucher pemenuh kebutuhan sehari-hari banyak di peruntunkan bagi karyawanya, tak ayal banyak masyarakat yang merasa berkeinginan untuk menjadikanya sasaran pekerjaan.
Public relations PT. Kievit sendiri memiliki posisi internal dan juga eksternal di dalam kedudukan organisasi. Public relation akan memiliki posisi internal ketika hubungan yang dijalin oleh humas yang menyangkut hubungan antara stakeholder dengan pemilik perusahaan atau pemegang saham. hubungan yang dijalin ini ditujukan untuk menciptakan sebuah kenyamanan kerja yang kondusif. menjalin kedekatan dapat membangun sebuah keakraban antara stakeholder dengan stakeholder maupun stakeholder dengan pemilik perusahaan. hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kekompakan dan menjalin kerjasama di lingkungan perusahaan. Sedangkan public relation akan berkedudukan eksternal ketika hubungan yang dijalin menyangkut hubungan antar pelanggan, masyarakat, komunitas, pemerintah hingga media massa dan pihak yang terlibat dengan perusahaan. dalam menjalin sebuah hubungan dengan pihak eksternal, dapat lebih memperkenalkan perusahaan dengan pihak terkait, menjaga keharmonisan serta kerja sama dan menciptakan opini public yang positif. Dalam kasusu ini public relation dari PT. Kievit menjalin hubungan yang baik dengan petinggi-petinggi perusahaan atau induk perusahaan , terlihat dari sering adanya meeting bersama yang terkadang dilakukan di Belanda atau Singapore, tugas public relation saat meeting bersama ini menjelaskan tentang perkembangan perusahaan yang ada di Indonesia sehingga nantinya dapat menjalin hubungan yang lebih erat dan juga timbulnya sikap saling percaya sehingga para pimpinan PT. Kievit di Belanda akan memanjangkan kontraknya terhadap bangunan kantor yang berada di Indonesia. Sedangkan public relation ini bersifat eksternal juga, seperti yang sudah di utarakan tadi pemenuhan CSR dari PT. Kievit sangatlah baik, sering adanya acara yang di selanggarakan PT. Kievit di daerah-daerahnya, contohnya minum susu gratis di Salatiga atau penerimaan masyarakat sekitar sebagai beberapa karyawan PT. Kievit sendiri sebagai bentuk terimakasih dan menghargai warga sekitar dari bangunan karena telah mempercayakan PT. Kievit untuk membangun bangunan diwilayah tersebut.
Public relation pastilah akan mempunyai tujuan universal tersindiri tentang citra dari perusahaan tersebut, seorang public relation haruslah dapat memelihara, meningkatkan, memperbaiki dan membangun crita itu sendiri. Lalu dalam kasus PT. Kievit ini public relation memiliki tujuan universal meningkatkan sembari dibarengi dengan memelihara citra perusahaan ini sendiri. Mengapa meningkatkan? Public relation PT. Kievit ini mencoba untuk terus meningkatkan presepsi masyarakat sendiri bahwa PT. Kievit ini memiliki sifat humanistic yang besar sehingga masyarakat nantinya akan membeli produk yang dijualnya karena telah merasa di tolong maupun di cukupi hak-hak CSRnya itu sendiri, terkadang pembagian susu gratis di hari-hari tertentu akan memberikan suatu periklanan yang soft karena masyarakat diajak untuk merasakan tentang hasil dari produk PT. Kievit ini sendiri, setelah masyarakat memiliki kepercayaan kepada PT. Kievit maka citra yang sudah terbangun akan terus meningkan karna banyak masyarakat yang senang dan respect terhadap sikap kepedulian PT. Kievit itu sendiri. Lalu setelah citra yang di bangun sudah semakin naik maka divisi public relation akan memikirkan ide-ide lainya untuk memperhatakan citra tersebut di mata masyarakat yang mana telah percaya dengan PT. Kievit ini, sedangkan itu sebenarnya citra yang di miliki oleh PT. Kievit ini sendiri sangatlah bagus dalam pandangan mata masyarakat dan petinggi lainya. Maka PT. Kievit sering melakukan acara-acara seperti jalan santai, senam bersama, bagi-bagi susu gratis, menyeponsori event-event di kota berdirinya kantor-kantor PT. Kievit sendiri sehingga pandangan bagus yang sudah tercipta dan di pupuk oleh masyarakat haruslah di stabilkan selalu agar tidak terjadinya kemerosotan sendiri.
Pembentukan citra ini mengacu pada pola pertumbuhan perusahaan yang dialami oleh PT. Kievit sendiri adalah stars yaitu pola pertumbuhan perusahaan mulai mengalami pertumbuhan pasar yang baik. Citra dikembangkan untuk memberikan pemahaman kepada publik bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab publik yang kuat. Bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang merasa terbantu oleh PT. Kievit dan banyaknya produk-produk yang di gemari masyarakat dari hasil olahan PT. Kievit sendiri, produk yang dimaksud disini adalah produk-produk dari Frieslandcampina yang mana menggunakan creamer dalam bahan dasar pembuatanya karena PT. Kievit adalah perusahaan pembuat creamer dari Frieslandcampina sendiri, produk hasil pengolahan PT. Kievit itu seperti susu frisian flag, susu kental manis omela, campina ice cream dan yang lainya. Dimana produk yang di olah oleh PT. Kievit itu pemasaranya sungguh sangat luas yang membuktikan bahwa pola pertumbuhan perusahaan ini berpola stars.

Citra bayangan atau mirror image yaitu citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya. Citra bayangan ini merujuk kepada PT. Kievit perusahaan ramah masyarakat dengan segala kelebihan produknya yang aman. Sedangkan citra yang berlaku atau current image yaitu suatu citra atau pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi atau perusahaan. Pihak-pihak luar sendiri atau khususnya masyarakat menilai hal yang tak jauh beda dari citra bayangan sendiri, masyarakat menilai PT. Kievit adalah perusahan dengan CSR bagus dan sangat ramah lingkungan, disertai dengan produk-produk keluaran yang bermutu. Sedang wish image yang dimiliki oleh PT. Kievit sendiri adalah pemajuan produk yang ada tanpa disertai dampak negatif yang diberikan kepada masyarakat sekitar, menjamin kebersihan dengan di sertai teknologi yang kuat dan mengedepankan sikap dan nilai kemanusiaan. Sedangkan citra perusahaan yang di inginkan sendiri adalah ”The spirit of innovation runs through the veins of Kievit” yang berarti Semangat inovasi berjalan melalui pembuluh darah Kievit, sehingga disini PT. Kievit menginginkan terus berkembangnya dari PT. Kievit ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kasus pelanggaran dan penerapan etika profesi Public Relation

Pelanggaran dan Pelaksanaan Kode Etik Profesional Public Relation Kasus Pembobolan Dana Nasabah Citibank dan Pengembalian Citra Perusahaan Kode Etik bukan lagi hal yang langka saat ini, bahkan kode etik dipercayakan untuk jadi salah satu landasan yang sangat dibutuhkan agar terciptanya keteraturan pekerjaan, segala macam organisasipun memiliki kode etik tersendirinya, dengan angan agar tujuan yang direncanakan tercapai, kode etik akan menciptakan keteraturan dan banyak hal kemanusaiaan lainya. Kode etik sangat dijunjung tinggi karena bertuliskan peraturan-peraturan para karyawanya. Kode etik pun memiliki banyak cabang organisasi, bagaikan ranting yang saling bercabang kode etikpun banyak sekali cabangnya untuk menciptakan suatu keteraturan yang lurus, namun kali ini yang akan kita bahas merupakan kode etik Public Relation, Dalam public relations, kode etik merupakan panduan bagi para praktisi public relations yang harus diikuti untuk menciptakan status profesion...

Contoh feature perjalanan

Kopeng Desa vokasi nan Asri Hiruk pikuk perkotaan kerap kali menimbulkan kepenatan dalam batin. Pada saat seperti itu hiburan maupun wisata bukan lagi kebutuhan tersier. Memang kehidupan di kota-kota besar seakan terus melampaui batasnya, jam kerja tidak lagi jadi pedoman ahirnya suatu pekerjaan, lembur sudah jadi makanan keseharian para pejuang kehidupan di kota besar. Berangkat pagi pulang pagipun sudah bukan jadi hal yang tabu untuk dilakukan. Seakan kota tidak pernah merasakan sepi malam di hari-harinya. Jam malam sudah tak lagi diperuntukan bagi para masyarakat yang sengaja menduduki tanahnya untuk mencari kehidupan yang terbaik. Terkadang pada situasi itu kedamaian mulai berkurang kadarnya dalam diri dan hati masing-masing individu. Padahal merasa tenang dan damai sangatlah penting agar pekerjaan yang dilakukan selalu terasa nyaman. Saat rasa tenang dan damai mulai terkikis keadaan diri akan lebih di kuasai oleh emosi dan rasa lelah. Bagi sebagian masyarakat yang takingin ra...

Contoh Straight News

Peringatan Hari Susu Sedunia di Salatiga SALATIGA- Peringatan hari susu sedunia di peringati dengan acara yang sangat menarik di Kota Salatiga, berbagai macam acara di selenggarakan demi memeriahkan hari susu sedunia ini, acara tersebut adalah senam aerobik bersama, pementasan drumblek, festival sayur tumpang, festival ronde, sepeda santai, jalan santai serta pembagian beberapa susu gratis. Acara ini di selenggarakan tepat di tanggal hari susu sedunia yaitu tanggal 8 Juli tahun 2017 pada hari sabtu yang lalu, acara dimulai pada jam 06.00-selesai. Acara yang diselenggarakan oleh Friesland Campina, Kievit dan Frisian flag yang tentunya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salatiga ini diselenggarakan di Lapangan Pancasila kota salatiga. Acara ini dapat dihadiri oleh berbagai kalangan, masyarakat yang antusias dapat hadir tanpa dikenakan tiket masuk atau biaya pendaftaran. Acara ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat bahwa meminum susu sangat penting untuk kecerdasan, daya tahan...