Menyingkap Cara Kerja Public Relation
PT. KIEVIT INDONESIA
Pertemuan 2
Keberadaan public relation atau PR tak dapat dipungkiri sebagai
salah satu sebab kemajuan suatu perusahaan tersendiri, pemberdayaan pola
pemikiran dari public relation dapat melahirkan suatu gagasan yang dapat
membantu naiknya eksistensi perusahaan atau bahkan-bahkan menurunkan kasta
suatu perusahaan tersebut sendiri. Public relation yang baik akan menjerumuskan
perusahaan kedalam black hole kesuksesan dari perusahaan tersebut, memberikan
key message yang akan melekat di pikiran masyarakat, memberikan suatu terobosan
inovasi terbaru yang menghasilkan kesatu padunan yang sempurna. Ibaratnya public
relation memegang kunci dari pintu kesuksesan perusahaan tersebut. Ketika terjadi
krisis kepercayaan dari masyarakat bukan tak mungkin perusahaan terancam gulung
tikar, namun disini peran public relation mulai mendominan, memberikan banyak
tali pemikiran yang nantinya dapat menarik kepercayaan masyarakat yang sudah
hilang. Tak sampai disitu saja, public relation tidak hanya bekerja ketika
krisisi bergejolak, tugasnya lebih dari itu, menciptakan kestabilan ketika
perusahaan berada di titik kejayaan, memberikan peningkatan agar perusahaan
semakin terdepan, memberikan suatu pengenalan ketika perusahaan sedang memulai.
Dapat disimpulkan public relation tidak boleh salah langkah karena kembang biak
perusahaan berada di bagianya. Pendapat ini didasari oleh seorang pakar bernama
Rex Harlow yang berpendapat bahwa “PR adalah fungsi manajemen yang unik yang
membantu membangun dan memelihara jalur komunikasi, memunculkan pemahaman,
kerjasama antara organisasi dan publiknya; melibatkanmanajemen permasalahan dan
isu; membantu manajemen untuk terus menginformasikan dan tanggap terhadap opini
publik; mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani
kepentingan umum; membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan
perubahan secara efektif, melayani sebagai sistem peringatan dini untuk
membantu mencegah kecenderungan negatif, dan menggunakan penelitian yang sehat
dan etika komunikasi sebagai alat utamanya”
Bukan hal yang aneh lagi ketika perusahaan mempercayai
keberlangsungan status perusahaanya kepada public relation itu sendiri sehingga
disini saya akan membahas tentang dasar-dasar dari public relation yang ada di
PT. Kievit, karena saya sebagai salah satu masyarakat yang tinggal disekitar
pabrik dan kantor PT. Kievit merasa sangat terbantu dan tak pernah terugikan
oleh PT. Kievit sendiri yang mana saya menyimpulkan bahwa public relation di
PT. Kievit telah berhasil membangun dan memupuk citranya di masyarakat,
pengadaan event yang tepat membuat masyarakat memberikan kesan respect dan
percaya kepada PT. Kievit ini sendiri. Model public relation yang digunakan PT.
Kievit adalah model simetris dua arah, model simetris dua arah sendiri lebih menimbang pada penyesuaian diri antara organisasi
dengan publik. Mereka berfokus pada penelitian dan riset terhadap target pasar
yang akan mereka tuju. Grunig juga mengatakan bahwa Model ini adalah Model yang
paling etis. Model Simetris Dua Arah merupakan Model yang berhasil dalam
penyampaiannya kepada publik dan mengikat keduanya dalam komunikasi yang
efektif. Dalam tatanan organisasi sebuah pencitraan baik akan timbul jika
konsumen memberi feedback positif begitu pula karena Publik adalah Penentu
bagaimana sebuah Organisasi berrhasil dalam pengaturan di dalamnya. Karena disini
PT. Kievit melakukan penelitian tentang pentingnya suatu kecerdasan maupun
kesehatan dalam sehari-hari, mereka terus memberikan event yang berhubungan
dengan kebaikan minum susu untuk kesadaran masyarakat bahwa susu memiliki
kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk perkembangan otak, PT. Kievit juga
sangat dekat dengan masyarakat mereka menggalakan pentingnya minum susu yang
sehat dan steril bisa dibuktikan dengan tidak adanya limbah yang sering keluar,
terkadang limbah memang keluar namun tidak berbahaya dan mengganggu, PT. Kievit
juga memberikan banyak dana kepada masyarakat sekitar atas dasar pemajuan
aktivitas-aktivitas yang sekiranya dapat membangun potensi masyarakat.
Pada PT. Kievit sendiri public relation memiliki peran dan fungsi
sebagai problem solving facilitator Yakni peranan sebagai fasilitator
dalam proses pemecahan masalah. Pada peranan ini petugas humas melibatkan diri
atau dilibatkan dalam setiap manajemen (krisis). Dia menjadi anggota tim,
bahkan bila memungkinkan menjadi leader dalam penanganan krisis
manajemen. Mengapa demikian? Karena public relation disini memiliki peranan
yang cukup penting, tak hanya berperan untuk membangun relasi atau jembatan
komunikasi antara masyarakat maupun karyawan yang lainya, namun public relation
di PT. Kievit sendiri memiliki kewenangan dalam memimpin rapat yang berhubungan
dengan hubungan terhadap masyarakat maupun pemenuhan CSR, dapat dibuktikan
ketika penyaringan limbah PT. Kievit saat itu sedang rusak, sehingga limbah
menuju ke pemukiman warga, limbah memang tidak berbahaya namun menimbulkan bau
yang sangat menyengat dan tidak sedap, saat itu public relation akan
mengumpulkan karyawan lainya untuk membahas bersama sehingga nantinya ditemukan
titik temu, serta mencari alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Tidak hanya
sebatas itu public relation kerap kali yang ditugasi untuk tugas luar negeri
dalam rangka merekatkan hubungan antara karyawan di kantor-kantor lainya.
Komentar
Posting Komentar